pipatrilliun.com

pipatrilliun.com

AKSESORIS PIPA : Mengenal Istilah dan Jenis-jenisnya

Ilustrasi-Aksesoris-Pipa---Photo-By-Envato

Dalam kebutuhannya, produk plumbing perpipaan membutuhkan Aksesoris pipa untuk mewujudkan jalur saluran ayang dibutuhkan. Untuk itu, selain disesuaikan dengan diameter, dibutuhkan beberapa bentuk khusus untuk belokan, percabangan, penyambungan pipa beda diameter dan sebagainya.

Pada dasarnya aksesoris atau juga biasa dikenal dengan istilah fitting pipa merupakan komponen pelengkap dalam membangun instalasi produk perpipaan. Bagian ini memungkinkan saluran bermanuver, hingga percabangan yang dibutuhkan, sesuai kebutuhan saluran air.

Secara umum, produk aksesoris yang digunakan untuk instalasi saluran air diproduksi dalam beragam jenis material. Beberapa produk disesuaikan dengan material bahan baku produk pipa untuk kebutuhan penyambungan dan sebagainya. Sementara produk yang lain dibuat dengan bahan baku khusus untuk mengoptimalkan fungsinya.

Mengenal Istilah Pada Aksesoris Pipa

Pada industri perpipaan, fitting ditawarkan sebagai pelengkap kebutuhan beragam jenis pipa yang digunakan. Meski demikian dalam hal penggunaan, jenis material ini memiliki fungsi yang secara garis besar sama, berikut beberapa istilah yang biasa digunakan oleh aksesoris pipa untuk instalasi saluran : 

Clamp atau Klem Pipa : Merupakan istilah untuk penyangga, atau media yang digunakan untuk mempertahankan isntalasi pipa (Biasanya dalam Gedung atau bangunan) tetap pada tempatnya dalam waktu lama. Umumnya berbentuk “U” yang fungsinya merekatkan pipa di tembok agar saluran tetap stabil dan tidak bergeser.

Socket atau coupler : Merupakan media penyambung antar dua pipa dengan diameter yang sama. Pada produk pipa PVC produk ini dikenal dengan istilah socket. Sementara untuk pipa HDPE dan PPR, bagian ini dikenal dengan istilah Coupler.

Katup : Atau biasa juga dikenal dengan istilah Valve, merupakan media pengatur atau sebagai pintu saluran. Oleh sebab itu, fungsi aksesoris pipa ini biasanya digunakan untuk membuka, atau menutup saluran, sesuai dengan kebutuhan suplai yang dibutuhkan.

Siku : Atau biasa dikenal dengan istilah Elbow, merupakan jenis fitting pipa yang digunakan untuk membantu akselerasi pipa dalam memenuhi kebutuhan belokan. Biasanya kebutuhan ini ditawarkan dalam dua varian, dengan derajat 90 atau 45. Sementara untuk kebutuhan khusus, elbow juga biasa dibuat untuk sudut sesuai kebutuhan.

Flange : Merupakan aksesoris pipa yang digunakan untuk metode penyambungan semi permanen. Yang artinya, bisa dibuka atau tutup, setelah kebutuhan terpenuhi. Flange juga dapat membantu proses penyambungan pipa beda jenis, dengan mekanisme jointing bolt and nut, atau mur dan baut.

Reducer : Jenis aksesoris ini juga biasa dikenal dengan istilah overloop, atau increaser. Merupakan jenis aksesoris yang digunakan untuk menyambung dua jenis pipa dengan diameter berbeda. Produk ini biasa digunakan sebagai media transisi antara saluran utama ke saluran percabangan.

Selain beberapa jenis istilah di atas, masih banyak jenis fitting yang ditawarkan untuk mempermudah proses instalasi saluran yang dibutuhkan. Seperti pengatur suhu, hingga aksesoris khusus yang ditanam chip untuk mempermudah proses monitoring fluida, gas atau udara yang ada di dalamnya.

Jenis-jenis Aksesoris Pipa Thermoplastik

Banyak produk plumbing ditawarkan di industri perpipaan saat ini, hanya saja produk pipap thermoplastik (Pipa HDPE, Pipa PVC dan Pipa PPR), masih popular hinga saat ini. Berikut beberapa jenis aksesoris pipa thermoplastik yang bisa Anda sesuaikan dengan jenis penggunaan pipa yang digunakan.

Aksesoris Pipa HDPE

Seperti Namanya, aksesoris ini ditawarkan untuk produk pipa HDPE. Yang artinya digunakan untuk mendukung metode penyambungan produk pipa yang direkomendasikan untuk saluran air bersih dan gas ini. Berikut beberapa jenis diantaranya :

BACA : HARGA AKSESORIS PIPA HDPE

Aksesoris Mechanical Joint. Merupakan jenis aksesoris pipa HDPE yang digunakan untuk penunjang metode penyambungan mekanik, atau secara fisik. Mekanisme penyambungan ini dilakukan tanpa pemanas, dan alat khusus, melainkan dengan metode pengencangan secara ulir.

Dibanding fitting HDPE yang lain, produk ini memiliki harga lebih mahal, oleh karena itu, dikhususkan untuk varian pipa HDPE roll saja. Mekanisme penyambungan tanpa alat khusus juga mempermudah proses penyambungan di daerah sulit, jauh dari akses listrik dan sebagainya.

Aksesoris pipa HDPE Butt Fusion. Merupakan jenis aksesoris yang dapat digunakan untuk metode penyambungan butt fusion, atau sistem welding (pelelehan) dengan suhu tinggi menggunakan mesin khusus. Dalam variannya jenis aksesoris ini ditawarkan dalam dua jenis : Injection Moulding dan Segmented.

Pada dasarnya, kedua jenis aksesoris ini dibuat dari material bahan baku sama, PE-100 atau HDPE, sehingga dapat disambung secara “Persenyawaan sempurna”. Sementara yang membedakan adalah cara produksinya. Injection Moulding dibuat secara fabrikasi menggunakan cetakan, sementara aksesoris segmented dibuat secara handmade

Electro Fusion. Merupakan jenis aksesoris khusus, biasanya digunakan untuk instalasi saluran dengan kebutuhan tingkat kebocoran minim, atau bahkan nol. Seperti kebutuhan saluran gas bertekanan atau jenis saluran fluida khusus yang sangat berisiko jika terjadi kebocoran.

Selain aksesoris khusus, metode penyambungan ini juga membutuhkan alat khusus, yang masing-masing memiliki nama sama : Electro Fusion. Seperti Namanya, proses penyambungan ini memanfaatkan sifat dasar thermoplastic yang meleleh saat dipanaskan, dengan jalur logam yang mengubah energi listrik menjadi panas di dalam aksesoris.

Selain ketiga jenis prosedur penyambungan di atas, mekanisme penyambungan dan penggunaan aksesoris pipa HDPE juga mendukung cara lain. Seperti metode flange to flange joint untuk sambungan sementara, dan sambungan dratting untuk sambungan dengan valve dan aksesoris khusus lain.

BACA JUGA : PIPA HDPE ADALAH

Fitting Pipa PVC

Pipa PVC merupakan produk plumbing thermoplastik di era modern paling lama digunakan oleh manusia. Meski pada perkembangannya, material bahan baku di modifikasi, sehingga didapat jenis material yang kuat, lentur dan tidak mudah rusak. Selain digunakan pada pipa, bahan UPVC juga digunakan untuk Aksesoris pipa PVC.

Fitting Pipa PVC pada dasarnya disesuaikan dengan cara penyambungannya. Dalam hal ini terdapat beberapa jenis metode yang biasa dikenal dan digunakan, berikut beberapa diantaranya :

BACA JUGA : PIPA PVC ADALAH

Aksesoris Rubbering Joint. Merupakan jenis aksesoris yang digunakan untuk penyambungan secara RRJ atau Rubbering Joint. Mekanisme ini dilakukan tidak dengan bahan kimia khusus, seperti solvent cement atau lem PVC yang digunakan pada produk konvensional.

Seperti Namanya, jenis aksesoris ini dilengkapi dengan mof khusus yang di dalamnya terdapat gelang karet. Media karet yang didesain khusus ini yang pada akhirnya digunakan untuk mempertahankan poisisi sambungan (Pipa) tetap dalam jangka waktu lama.

Solvent Cement. Merupakan metode penyambungan paling awam dilakukan, dengan menggunakan bahan kimia khusus untuk persenyawaan atau biasa dikenal dengan lem PVC (Solvent Cement). Seperti aksesoris RRJ, jenis fitting ini juga dilengkapi dengan mof, hanya saja tidak berisi apa-apa, dengan diameter dalam sama persis diameter luar pipa.

Metode penyambungan ini dilakukan secara sederhana, dengan melaburi bagian dalam mof, atau ujung pipa yang hendak disambung dengan solvent cement. Setelah itu, antara mof dan ujung pipa disambung, dibutuhkan beberapa menit agar bahan mengering, dan sambungan terjadi dengan sempurna.

Dratting. Merupakan jenis aksesoris yang digunakan untuk metode drat, biasanya digunakan untuk menyambung pipa dengan aksesoris khusus. Seperti valve atau keran air dari material PVC atau non thermoplastik, seperti besi dan sebagainya.

Dalam penggunaannya, produk aksesoris pipa PVC drat ditawarkan dalam dua varian. Drat dalam dan drat luar yang dapat disesuaikan dengan jenis aksesoris apa yang nanti akan disambung. Meski demikian, untuk tersambung dengan pipa, metode penyambungan yang digunakan adalah solvent cement.

Aksesoris Pipa PVC Flang Joint. Seperti produk pipa yang lain, aksesoris flange sering ditawarkan untuk solusi saluran instalasi semi permanen. Yang artinya, ssaluran bisa dibuka dan di tutup, sesuai kebutuhan dengan mekanisme penyambungan bolt and nut, atau mur dan baut.

Jenis aksesoris ini disambug secara solvent cement atau dengan lem PVC dengan bagian utama pipa. Terbuat dari bahan yang sama (UPVC), jenis aksesoris ini memiliki lubang khusus untuk baut, yang dapat disambung dengan flange dari pipa PVC lain atau pipa berbeda jenis.

BACA JUGA : PIPA PVC TRILLIUN

Aksesoris Non-Thermoplastik

Seperti Namanya, produk aksesoris pipa ini terbuat dari bahan non-thermoplastik. Meski demikian, dalam penggunaannya, aksesoris ini dapat digunakan dengan baik untuk instalasi jenis pipa thermoplastic, seperti pipa PVC atau pipa HDPE.

Ada beberapa jenis bahan baku yang sering digunakan untuk aksesoris jenis ini. Seperti logam, kuningan, aluminium dan bahan yang lain. Tak hanya itu, bentuk dan fungsinya biasanya disesuaikan dengan kebutuhan, seperti valve, kran, dan jenis sambungan yang lain.

Jenis aksesoris ini biasanya dapat digunakan untuk beragam kebutuhan instalasi saluran air dan sebagainya. Dengan mekanisme penyambungan secara drat atau menggunakan pengencangan mur dan baut. Meski dari logam, beberapa aksesoris ditawarkan dengan kelebihan bebas korosi, sehingga ideal untuk saluran air bersih.

DAFTAR ISI

PIPA & FITTING TRILLIUN