X

Menyambung Pipa PVC, Berikut Tips yang Bisa Anda Lakukan

Image by Freepik

Pipa PVC (Polyvinyl Chloride) telah menjadi pilihan utama dalam konstruksi sanitasi dan tata air. Keunggulan material ini, yang ringan, tahan korosi, dan mudah dipasang, membuatnya populer di berbagai proyek. Namun, bagaimana cara menyambung pipa PVC dengan benar menggunakan solvent cement atau lem PVC? Inilah panduan praktis untuk memastikan sambungan pipa Anda kokoh dan tahan lama.

Baca Juga :

Pemilihan produk Lem PVC yang Tepat

Sebelum memulai proses penyambungan, pastikan Anda memiliki bahan yang tepat. Dalam hal ini, solvent cement atau lem PVC yang kompatibel dengan pipa PVC adalah kunci keberhasilan. Pilihlah produk dengan kualitas terbaik untuk memastikan sambungan yang tahan terhadap tekanan dan cuaca ekstrem.

Persiapan Permukaan Pipa

Keberhasilan penyambungan pipa PVC sangat bergantung pada persiapan permukaan pipa yang benar. Pastikan pipa dalam keadaan bersih dan kering. Gunakan kain abrasif atau amplas halus untuk menghilangkan debu, kotoran, atau lapisan minyak yang mungkin ada pada permukaan pipa.

Ukuran dan Penyediaan Pipa yang Tepat

Pastikan pipa yang akan disambung memiliki ukuran yang sesuai. Periksa dengan teliti apakah ukuran pipa dan fitting sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan. Selain itu, pastikan juga bahwa fitting dan pipa sudah tersedia dan dalam posisi yang tepat sebelum memulai proses penyambungan.

Gunakan Solvent Cement / lem PVC dengan Bijak

Solvent cement atau lem PVC bekerja dengan cara melarutkan permukaan pipa, sehingga saat kering, keduanya menyatu menjadi satu. Oleskan solvent cement pada ujung pipa dan fitting dengan merata. Pastikan untuk tidak menggunakan terlalu banyak atau terlalu sedikit solvent cement, karena hal ini dapat mempengaruhi kekuatan sambungan.

Sambung dan Tekan Dengan Cermat

Setelah mengoleskan solvent cement, sambungkan pipa dan fitting dengan cermat. Pastikan keduanya terpasang dengan benar dan tekan sekuat mungkin selama beberapa detik. Periksa apakah pipa sejajar dan tegak lurus untuk memastikan sambungan yang presisi.

Biarkan Mengering dan Segera Uji Tekanan

Biarkan sambungan mengering selama minimal 24 jam sebelum mengalirkan air melalui pipa. Setelah itu, uji tekanan dengan membuka keran atau menyiram air melalui sistem. Pastikan tidak ada kebocoran atau masalah lain yang dapat mempengaruhi kinerja sambungan.

Menyambung pipa PVC dengan solvent cement atau lem PVC memerlukan ketelitian dan perhatian terhadap detail. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat memastikan bahwa sambungan pipa PVC Anda kuat, tahan lama, dan sesuai dengan standar keamanan. Dengan demikian, proyek sanitasi dan tata air Anda dapat berjalan lancar dan memberikan hasil yang memuaskan.

Categories: PIPA PVC
admin: